Sistem Zonasi PPDB Jawa Barat 2019

Hallo sahabat PPDB, kali ini admin mau berbagi informasi PPDB Jawa Barat untuk SMA/SMK tahun 2019. Informasi ini sebagai gambaran umum saja, sambil menunggu juknis PPDB di website resmi PPDB Jawa Barat 2019. Berikut ulasannya.

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA se-Jawa Barat tahun ini kembali akan menggunakan sistem zonasi. Sistem yang mengedepankan penerimaan siswa berdasarkan radius kedekatan wilayah antarrumah dan sekolah tersebut akan dipakai untuk menerima 90% lulusan SMP.  Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika mengatakan, hal tersebut sesuai dengan Permendikbud 51 Tahun 2018 tentang PPDB. “Kita sesuai dengan Permendikbud 51 Tahun 2018 juga surat edaran Kemendikbud dan Kemendagri, jadi tetap akan memakai jalur zonasi,” ungkap Dewi ketika ditemui di Gedung Sate, Selasa (23/4/2019).

Dewi mengatakan, penerimaan siswa baru SMA negeri di Jabar akan didasarkan pada sistem zonasi (90%), prestasi (5%), dan perpindahan (5%). PPDB pun akan kembali dilaksanakan secara daring. “Sistemnya online, tapi sosialisasinya akan mengundang orang tua murid SMP Orang tua wajib hadir, jangan sampai tidak memahami,” jelasnya.

Sementara itu, untuk peserta PPDB jalur prestasi nonakademik, Dewi mengatakan, akan diadakan uji kompetensi. “Nanti akan dilakukan uji kompetensi untuk yang ikut jalur prestasi nonakademik, akan dites sesuai bidangnya,” jelasnya. Pihaknya masih menunggu Pergub dan juknis untuk perincian pelaksanaan PPBD tahun ini. Dewi mengatakan, sejumlah permasalahan yang masih dihadapi dalam melangsungkan sistem zonasi ini di antaranya adalah jumlah SMA negeri yang belum merata di Jawa Barat.    “Masih ada upaya-upaya terkait dengan belum meratanya jumlah sekolah yang di beberapa wilayah. Kita masih menunggu Pergub,” ungkapnya.

———
Sumber: ayobandung.com

Leave a comment